Cerita Mistis Ikan Dewa Di Cibulan, Kuningan, Jawa Barat

Cerita Mistis Ikan Dewa Di Cibulan, Kuningan, Jawa Barat – Mitos-mitos atau legenda dibeberapa tempat-tempat wisata yang berada di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri untuk kita telusuri dan nikmati. Selain daripada mitos-mitos tentang sosok- sosok misterius yang menarik menjadi perhatian, ada juga yang menyita perhatian.

Sampai sekarang masyarakat Kuningan masih mempercayai daftar slot online keberadaan ikan dewa yang bisa mendatangkan hal-hal ghaib. Salah satu misteri ikan dewa yang terdapat di Kolam Cibulan dan Cigugur, Kuningan adalah jumlahnya yang tidak bertambah atau berkurang.

Objek wisata Cibulan terletak sekitar 7 km dari Kuningan atau kurang lebih 28 km ke arah Selatan Cirebon. Kolam pemandian ini berdiri di atas lahan seluas 5 ha memiliki dua buah kolam besar berbentuk persegi panjang. Kolam pertama berukuran 35 x 15 meter persegi dengan kedalaman sekitar 2 m, sedangkan kolam kedua berukuran 45 x 15 meter persegi yang dibagi menjadi dua bagian, masing-masing dengan kedalaman 60 cm dan 120 cm.

Wisatawan bisa berenang lantaran ikan ini jinak, tak menyerang manusia.
Ikan ini umumnya memiliki panjang sekitar 60 centimeter, besar, dan berwarna gelap.
Kepalanya mirip ikan mas tetapi postur panjangnya mirip ikan arwana.
Di beberapa bagian tubuhnya, ikan ini memiliki sisik besar.

Objek wisata ini diresmikan pada 27 Agustus 1939 oleh Bupati Kuningan jp789 saat itu, yaitu R. A. A. Mohamand Achmad, sehingga layak bila lokasi wisata ini menjadi salah satu yang tertua di daerahnya. Di dalam objek wisata ini terdapat dua kolam besar yang berbentuk persegi panjang.

Konon ketika air kolam dikuras, ikan-ikan berpindah ke Kolam Cigugur, Kecamatan Cigugur yang juga merupakan objek wisata serupa di Cirebon. Mitos yang berkembang di masyarakat adalah bahwa ikan-ikan Dewa yang ada di dalam kolam Pemandian Air Dingin Cibulan ini adalah prajurit-prajurit yang membangkang pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi sehingga mereka dikutuk oleh Prabu Siliwangi menjadi ikan.

Selain ikan dewa, ada juga loh 7 mata air. Ketujuh sumur ini, masih diyakini masyarakat setempat, memiliki rupa-rupa kekuatan sesuai dengan namanya masing-masing, seperti Sumur Kejayaan, Sumur Kemulyaan, Sumur Pengabulan, Sumur Cirancana, Sumur Cisadane, Sumur Kemudahan, dan Sumur Keselamatan. Semua sumur berdiri di tengah pepohoan tinggi seperti kiara yang menjaga keteduhan di lokasi tersebut.

Konon, terdapat kepiting emas di dalam salah satu kolam tersebut. Bila sedang mujur, pengunjung yang bisa melihat situs slot terbaik itu permohonannya akan terkabulkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

RELATED POST

Rekomendasi Film Horor Terbaik Tahun 2022

Menurut sebagian besar orang, film horor bisa dibilang justru menjadi salah satu pemicu adrenalin seseorang dalam melawan ketakutan itu pada…

Daftar Kisah Horror Pendaki Gunung Di Indonesia

Daftar Kisah Horror Pendaki - Indonesia memanglah terkenal dengan barisan pegunungan yang bisa bikin kita terpukau. Beberapa gunung pun lantas…

Film Paling Horor Di Dunia

Kita sudah lama menuliskan, cinemaindustri diseluruh dunia, telah kehilangan daya-inspirasi dan kehangatan serta tenaga pujian dari para penontonnya. Film horor…

OUIJA BERKOMUNIKASI DENGAN HANTU

Film "Ouija" dihasilkan menurut legenda urban Eropa perihal papan pemanggi arwah yang disebut ouija atau papan ouija. Orang-orang Eropa dan…